Wisata Orangutan| Taman Nasional Tanjung Puting| Camp leakey|

Rabu, 07 September 2011

Tempat Wisata Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) telah ditetapkan  sebagai pusat konservasi alam flora dan fauna, terutama untuk orangutan Kalimantan (borneo). Sebagai kawasan konservasi bagi flora dan fauna yang ekosistemnya unik, TNPT memiliki berbagai titik kepentingan bagi wisatawan untuk melihat keasria alamnya terutama orangutan. Sekarang dilanjutkan untuk dikembangkan sebagai tempat pariwisata yang dinamis dan sebagai tujuan wisata utama bagi Kabupaten Kotawaringin Barat Kabupaten Kalimantan Tengah.

Lebih dari 600 jenis pohon, 200 jenis anggrek, hampir 250 spesies burung, 28 spesies mamalia besar, 9 spesies primata dan bentuk kehidupan masih banyak berbagi ruang mereka di dalam Taman Nasional Tanjung Puting.

Yang akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan ada akan melihat dan berada di habitat aslinya orangutan. Dikelilingi dengan hutan hujan tropis sebagai hewan utama yang ada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, mereka hidup bersama dalam satu kawasan dengan primata lainnya dan dengan satwa liar lainya. Mereka semua menjaga untuk mempertahankan status daerah sebagai salah satu jenis surga dunia.

Tempat – tempat yang disinggahi di Taman Nasional Tanjung Puting:
1.    Tanjung Harapan dan Desa Sekonyer
Terletak di zona pengembangan Taman Nasional Tanjung Puting, kawasan ini cocok untuk kegiatan ekowisata, dilengkapi dengan sebuah Pusat informasi, Guest House, Menara Observasi. Di sana diadakan makan orangutan di sore hari. (90 Menit dari Kumai Dengan Perahu).

2.    Pesalat daerah Reboisasi.
Ini adalah area dalam zona Reboisasi khusus yang secara khusus ditetapkan untuk program reboisasi. Di sini, pengunjung di beri tanaman dan mengadopsi bibit pohon sudah disediakan dan akan di tepel papan nama mereka akan diletakkan di depan pohon setiap pengunjung yang melakukan penanaman pohon di daerah ini. Pesalat juga pusat pendidikan konservasi dan camping ground. (20 menit dari tanjung Harapan Dengan Perahu).

3.    Pondok Tangguy
Masih dalam zona pembangunan khusus Taman Nasioanl. Pondok Tanggui tetapkan khusus untuk program anak orangutan dan semi-liar rehabilitasi. Pusat rehabilitasi orangutan menawarkan program pemberian makan orangutan pada pukul 9 pagi yang selalu menarik banyak wisatawan Nasional maupun Internasional (60 Menit dari Pesalat Dengan Perahu)

4.    Camp Leake
Kamp yang terkenal terletak dalam zona pengembangan khusus dan terkenal sebagai pusat penelitian orangutan dan pusat rehabilitasi. Tempat ini sangat dianjurkan dan wajib di kunjungi jika seseorang ingin melihat orangutan liar dan setengah-liar dan juga pemberian makan orangutan. (60 Menit dari Pondok Tangguy oleh Perahu).

5.    Buluh Besar dan Sungai Buluh Kecil
Di tengah Taman Nasional Tanjung Puting, terletak dua sungai dengan air hitam yang tenang dan tidak tercemar dengan danau di tengahnya sungai ini menarik burung migran untuk berkembang biak. Sungai-sungai ini dapat ditempuh dengan klotok setelah 3 jam perjalanan.

6.    Sungai Cabang
Wilayah Sungai Cabang (Cabang Sungai) adalah zona pengembangan tradisional yang menawarkan pantai berpasir yang indah, bersama dengan pengalaman memancing yang menarik budaya tradisional. Pantai dengan pasir putih merupakan tempat bersarangnya bagi penyu, terutama penyu hijau dan penyu skala.

Nikmati pengalaman malam yang tak terlupakan di sungai Sekonyer dengan melihat kunang-kunang berkeliaran di antara daun pohon Nipah, gemerlap di dalam kegelapan seperti cahaya bintang berterbangan.

2 komentar:

  1. Halo Admin :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.


    Salam.
    dewi

    BalasHapus